Bedshaped

Sisa sisa malam di Agustus ini dihiasi hujan. Tak terlalu deras, namun terkadang menitipkan rasa malas. Setelah Ramadhan dan Lebaran, semuanya kembali bermula. Kembali bekerja. Dalam waktu luang siang hari, saya mendengarkan lagu KEANE, judulnya Bedshaped. Lagu ini cukup enak di dengarkan menjelang mata tertutup. Nada nadanya mengalun lembut. Interpretasi saya terhadap lagu ini adalah tentang seseorang yang memotivasi dirinya sendiri dan orang disekitarnya. Walau hujatan melanda dirinya, ia adalah ia. Ia mengharap orang yang dicintainya mengerti dirinya, dengan segala keterbatasannya.

Many’s the time I ran with you down,

The rainy roads of your old town,

Many the lives we lived in each day,

And buried altogether,
Don’t laugh at me,

Don’t look away,
You’ll follow me back with the sun in your eyes,

And on your own,

Bedshaped,

In legs of stone,

You’ll knock on my door and up we’ll go,

In white light,

I don’t think so,

But what do I know,

What do I know,

I know,
I know you think I’m holding you down,

And I’ve fallen by the wayside now,

And I don’t understand the same things as you,

But I do,
Don’t laugh at me,

Don’t look away,
You’ll follow me back with the sun in your eyes,

And on your own,

Bedshaped,

In legs of stone,

You’ll knock on my door and up we’ll go,

In white light,

I don’t think so,

But what do I know,

What do I know,

I know,

 

Belajar Stand Up Comedy

Akhir akhir ini saya tertarik dengan Stand Up Comedy. Sebuah bentuk komedi tunggal. Berdiri di depan sambil melemparkan jokes kepada penonton. Saya hampir selalu menonton Stand Up Comedy di Metro TV atau di Kompas TV. Rasanya saya tertarik menjadi seorang comic. Saya suka dengan gaya Raditya Dika, Sammy, Abdel, dan Asep Suaji. Saya mendapat hiburan tersendiri saat menonton comic menyampaikan komedinya. Lucunya sarat dengan berpikir cerdas. Mungkin sebagian orang tidak lucu, tapi bagi yang memiliki sense humor yang tinggi dan paham, pasti lucu baginya. Hal ini berbeda dengan lawakan lawakan tradisional. Ada teknik tersendiri dalam stand up comedy.

Berikut ini adalah sedikit pengertian Stand Up Comedy yang saya sadur dari sumber di internet :

  Sesuatu yang unik dan benar-benar menarik kini mulai hidup lagi di Indonesia, yaitu Stand Up Comedy.  Sepanjang sejarah entertainment Indonesia sebetulnya hampir tidak pernah lepas dari Stand Up Comedy. Sebut saja tokoh-tokohnya yang selalu legendaris seperti kelompok Warkop DKI, Butet Kertarajasa, Pepeng, kemudian ada juga Kang Ibing dan tentunya Almarhum Taufik Savalas.

Stand up comedy adalah seni melawak (komedi) yang disampaikan di depan penonton secara langsung (live). Biasanya sang komedian akan melakukan one man show. Melemparkan lelucon melalui monolog atau statement dalam satu kalimat yang mengandung humor. Komedian di jalur ini biasanya menulis skrip lawakannya untuk tampil dalam 20-45 menit). Kadang-kadang mereka memakai alat bantu untuk menyampaikan lelucon mereka. Meskipun stand up comedy, pelawak tidak harus terus menerus berdiri, beberapa pelawak menyampkain sambil duduk seperti sedang bercerita pada kita. Sejarah stand up comedy dimulai sejak abad 18 di Eropa dan Amerika. Dalam sejarahnya perkembangan stand up comedy juga ditemui di berbagai benua.

Begitulah kira kira. Rasanya menyenangkan jadi seorang comic, bisa menghibur orang lain, membuat orang tertawa. Tapi mungkin untuk saat ini saya masih menjadi penikmat stand up  comedy, sambil menyerap humor humor cerdas yang disajikan.

 

Berpacu dengan Waktu

Saya terasa diburu waktu, masa masa malas dan santai seakan akan menggerogoti waktu yang semakin menipis untuk mengerjakan tugas tugas penting. Salah satunya adalah tugas akhir kuliah saya yang belum juga ada tanda tanda untuk segera rampung. Puasa sudah berlalu, begitu pun libur lebaran, tapi saya belum bisa bergerak untuk memulai. Saya stagnan.

Tuhan, mohon gerakkan hati saya untuk segera berbuat. Pertanyaan begitu banyak meluncur, kapan saya wisuda, saya jawab dengan alasan yang halus pada mereka yang bertanya. Saya ingin segera wisuda, segera jadi seorang sarjana. Itu rencana jangka pendek saya.

Koma,

Sebuah titik diantara koma, yang memisahkan kata meninggalkan cerita

Lembaran demi lembaran tulisan ini, suatu saat akan jadi kenangan

Kau akan membacanya sebagai aku

Dan kau akan tahu siapa aku

Yang selalu merindu

Menantimu